Minggu, 25 Mei 2014

Arie Hendrawan, mahasiswa Jurusan Politik dan Kewarganegaraan (PKn) Unnes berhasil menjadi Juara I Lomba Menulis Surat Tingkat Nasional yang digelar oleh BEM ITS berkerjasama dengan Redaksi Koran Surya (20/5/2014). Dalam lomba yang bertema “Aspirasiku Untuk Harmonisasi Negeri” itu, ia mengungguli 350 kontestan lain dari berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia. Adapun Juara II diraih oleh Nabila Hidni (mahasiswa ITS), sedangkan Juara III diperoleh Dea Ajeng Pratiwi (mahasiswa IPB).

Gagasannya sendiri pada lomba tersebut adalah urgensi supremasi hukum untuk menciptakan keselarasan masyarakat, baik secara vertikal maupun horisontal. Arie menjelaskan, “Tegaknya hukum akan membuat perselisihan diselesaikan menurut kaidah formal yang berlaku, sehingga meminimalisir arogansi perorangan atau golongan. Itulah mengapa, di era revolusi non fisik seperti sekarang, supremasi hukum menjadi hal yang sangat penting diperjuangkan.

Ini bukan kali pertama mahasiswa yang kini duduk di semester 8 tersebut menorehkan prestasi dalam ajang kompetisi menulis. Sebelumnya sejak tahun 2012, tercatat ia sudah menjuarai 11 lomba menulis mulai dari tingkat universitas, regional, hingga nasional. Selain itu, pada beberapa kesempatan ia juga aktif sebagai moderator seminar nasional, talkshow, maupun pemateri kegiatan-kegiatan mahasiswa (Hima dan Pramuka) di lingkup jurusan serta fakultasnya.

Secara khusus, Arie mengajak rekan-rekan mahasiswa yang sedang merampungkan skripsi─sama seperti dirinya─untuk tidak pernah berhenti dalam mengejar prestasi. “Saya mengajak semua mahasiswa, terutama bagi mereka yang tengah menyelesaikan skripsi, untuk tidak pernah statis mengejar prestasi. Salah satunya, tentu dengan cara mengikuti berbagai ajang perlombaan. Percayalah, kerja keras yang kita tanam sedari sekarang, akan menjadi buah manis bagi kesuksesan kita di masa mendatang,” pungkasnya.

Penulis: (Hima PKn Unnes)

0 Komentar:

Posting Komentar