Senin, 13 Juni 2016

Pepci (Pengenalan Politic and Civic) yaitu sebuah agenda tahunan bagi mahasiswa baru jurusan Politik dan Kewarganegaraan (PKn) yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa PKn. Pepci merupakan salah satu program kerja terbesar di Hima PKn itu sendiri. Kegiatan ini diwajibkan bagi mahasiswa baru jurusan PKn, dimana kegiatan tersebut memiliki tujuan untuk memberi pembekalan tentang pengenalan terhadap jurusan, keakademikan, dan juga pengekraban antar mahasiswa jurusan PKn.
Pepci itu sendiri terdiri dari tiga kegiatan. Yang pertama yaitu pra-Pepci. Pra-Pepci merupakan kegiatan dalam serangkaian Pepci yang bertujuan untuk pengenalan Unnes bagi mahasiswa baru jurusan Politik dan Kewarganegaraan. Nantinya mahasiswa baru akan berkeliling Unnes sekaligus bermain game yang sudah disediakan panitia di tiap fakultas. Kegiatan yang kedua yaitu Pepci Indoor, dimana mahasiswa baru akan mengikuti pengenalan jurusan dan pengenalan akadmik melalui materi-materi yang akan disampaikan oleh pembicara-pembicara yang berpengalaman. Yang ketiga yaitu Pepci Outdoor (malam pengakraban). Ini merupakan acara puncak dari serangkaian Pepci, dimana mahasiswa baru akan menginap satu malam di Wisata Nglimut Kendal pada tanggal 03 - 04 September 2016. Pepci Outdoor lebih bertujuan pada pengakraban antar mahasiswa baru dengan panitia.

Pepci harus dilaksanakan dan diwajibkan bagi mahasiswa baru PKn karena masa peralihan dari SMA menuju bangku perkuliahan membutuhkan pengetahuan dasar tentang bagaimana kehidupan perkuliahan. Untuk itu Pepci menjadi gerbang awal bagi mahasiswa baru jurusan PKn untuk mendapatkan bekal dasar dalam menjalani kehidupan di kampus. Yang dihasilkan dengan diadakannya Pepci yaitu mahasiswa baru jurusan PKn yang memiliki kesiapan dan pengetahuan dasar untuk memulai aktivitas di dalam kampus. Jadi, Pepci merupakan sebuah kegiatan pembekalan bagi mahasiswa baru. 

0 Komentar:

Posting Komentar